PEMBERLAKUAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK ONLINE (SIMPONI) DI LINGKUNGAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

PEMBERLAKUAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK ONLINE (SIMPONI) DI LINGKUNGAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN Pemerintah akan melakukan pembatasan setoran langsung penerimaan negara melalui RKUN(Rekening Kas Umum Negara)yaitu...


Read More...

Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik Tahun 2015 / 1436 H Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin

Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik Tahun 2015 / 1436 H Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin Kegiatan mudik atau pulang kampung merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di...


Read More...

TAUSIAH AGAMA RAMADAHAN 1436 H KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN

TAUSIAH AGAMA RAMADAHAN 1436 H KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II BANJARMASIN Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin mengadakan kegiatan Tausiah Agama. Acara ini diikuti oleh...


Read More...

Partisipasi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Wilayah Kerja Kotabaru Pada Pameran Pembangunan Kab. Kotabaru (Sa-ijaan Expo) Tahun 2015

Partisipasi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin Wilayah Kerja Kotabaru Pada Pameran Pembangunan Kab. Kotabaru (Sa-ijaan Expo) Tahun 2015 Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-65 yang mengambil tema “Dengan...


Read More...

PERTEMUAN SOSIALISASI DAN KOORDINASI KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) DI WILAYAH BANDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN DI BANJARBARU TAHUN 2015

  PERTEMUAN SOSIALISASI DAN KOORDINASI KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) DI WILAYAH BANDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN DI BANJARBARU TAHUN 2015 Rokok adalah salah satu produk tembakau yang dibakar dan dihisap dan atau dihirup asapnya, termasuk rokok kretek, rokok putih, cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman NicotianaTabacum, Nicotiana Rustica dan spesies lainnya atau sintesisnya yang asapnya mengandung Nikotin dan Tar, dengan atau tanpa bahan tambahan. Asap rokok disamping menyebabkan pencemaran udara, juga terbukti dapat membahayakan kesehatan individu, masyarakat dan lingkungan,...


Read More...
12345
>>>

Pengunjung

248583
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
131
285
5290
9979
248583

IP: 54.224.60.122
Server Time: 2018-07-18 08:45:13

Lokasi

Berita Terkini

Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik Tahun 2015 / 1436 H Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin

Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik Tahun 2015 / 1436 H

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin

Kegiatan mudik atau pulang kampung merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan setahun sekali pada saat mendekati Hari Raya Idul Fitri khususnya bagi umat Islam.

Hal yang umum terjadi pada situasi mudik ini adalah terjadinya peningkatan jumlah penumpang di pintu keluar/masuk transportasi seperti pelabuhan, bandara, dan terminal angkutan darat pada waktu bersamaan. Dalam sudut pandang epidemiologi hal ini tentunya akan meningkatkan potensi faktor-faktor risiko yang biasanya timbul pada kondisi matra.

Menyikapi hal itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya dalam menyelenggarakan upaya cegah dan tangkal keluar masuknya penyakit dari dan keluar pelabuhan/bandara  melaksanakan kegiatan Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik di bandara dan di setiap pelabuhan yang melayani kegiatan pelayaran untuk kapal pengangkut penumpang. Adapun posko yang didirikan adalah di pelabuhan laut Trisakti Banjarmasin, Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Pelabuhan Laut Batulicin, dan Bandara Gt. Sjamsir Alam Kotabaru.

Adapun untuk posko di pelabuhan laut diadakan pada tanggal 02 Juli s/d 02 Agustus 2015 dan untuk posko di bandara diadakan tanggal 10 Juli s/d 25 Juli 2015.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam rangka Posko Pelayanan Kesehatan Arus Mudik KKP Kelas II Banjarmasin tersebut diantaranya adalah :

MEDIS

  1. Melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik terhadap pasien yang datang berobat.
  2. Menentukan Diagnosa.
  3. Memberikan Resep sesuai diagnose.
  4. Membuat surat rujukan bila ada pasien yang memerlukan rujukan.
  5. Melakukan triage dan pertolongan gawat darurat.

PARAMEDIS

  1. Melakukan pelayanan kepada pasien.
  2. Menyiapkan peralatan medis.
  3. Menyiapkan obat-obatan.
  4. Memelihara peralatan medis dan obat-obatan agar selalu dalam keadaan siap pakai.
  5. Melakukan pencatatan dan pelaporan.
  6. Mendampingi pasien rujukan ke Rumah Sakit.

SANITASI DAN SURVEILANS

  1. Melakukan pengawasan sanitasi alat angkut.
  2. Melakukan pengawasan terhadap tanda-tanda kehidupan vector dan serangga di alat
  3. Melakukan pemeriksaan dokumen kapal.
  4. Melakukan pengawasan terhadap kondisi kesehatan penumpang naik dan turun dari kapal.
  5. Melakukan pengawasan terhadap barang bawaan yang dapat menjadi faktor penularan penyakit di alat angkut.
  6. Mengambil data kunjungan poliklinik pada alat angkut.
  7. Melakukan penyuluhan kesehatan lingkungan dan personel hygiene kepada ABK dan penumpang.
  8. Berkoordinasi dengan pihak terkai tdalam hal kegiatan posko lebaran.
  9. Meminta petunjuk kepada koordinator apabila ada permasalahan di lapangan.
  10. Melaporkan kegiatan yang dilakukan kepada koordinator.

ADMINISTRASI DAN LOGISTIK

  1. Menyiapkan absen kehadiran petugas posko.
  2. Menyiapkan ruangan pelayanan posko.
  3. Menyiapkan semua keperluan ATK posko.
  4. Meminta petunjuk kepada koordinator apabila ada permasalahan di lapangan.
  5. Melaporkan kegiatan yang dilakukan kepada koordinator.

SOPIR

  1. Mengantar pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit.
  2. Membantu seluruh kegiatan petugas medis.

Selain uraian tugas di atas beberapa hal yang lebih ditekankan adalah petugas diinstruksikan untuk melakukan surveilans aktif yakni dengan melakukan pengawasan langsung ke tempat penumpang berkumpul untuk menemukan penumpang-penumpang yang nampak sakit atau sedang kelelahan yang tidak mau/malas untuk mengunjungi posko kesehatan. Dengan begitu diharapkan akan timbul kesedaran dari setiap penumpang untuk menggunakan fasilitas pelayanan yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

Harapan kita semua agar arus mudik pada tahun ini berjalan aman serta lancar, dan semoga segala usaha yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini senantiasa bernilai ibadah. Amin Yaa Robbal ‘Alamiiin (KKP Banjarmasin)

 

Pengaduan Masyarakat

No messages!

Video

Kegiatan

Dokumen Penilaian Kinerja 2015

1. RAK 2015 download file selengkapnya d...

KURJA 2015

download file selengkapnya disini (image...

LAKIP 2013 KKP KELAS II BANJARMASIN

Download file selengkapnya disini (imag...

LAKIP 2014 KKP KELAS II BANJARMASIN

Download file selengkapnya disini (image...

LAKIP 2015 - I - KKP KELAS II BANJARMASI...

download file selengkapnya disini (image...

KKP Player


PopUp MP3 Player (New Window)